Rabu, 23 Juli 2014

Perjuangan

Haiiiii….
Udah lama gk buka blog ini, karena gue sibuk terus *ciee hahaha. Disini gue mau ceritain tentang pengalaman hidup gue.. yang bisa dibilang tentang sebuah perjuangan gue untuk masuk PTN yang gue inginkan..
Gue menyukai jurusan kesehatan dan sains.  dan gue bertekad buat kuliah di PTN dengan jurusan yang gue suka itu. Pertama-tama marilah kita panjatkan *loh hahaha.. dikelas 3 sma di jenjang akhirnya, gue mulai mencoba snmptn (seleksi undangan). Gue memilih Universitas Indonesia (UI) dengan pilihan jurusan Gizi dan Biologi. Bisa dibilang waktu itu gue amat sangat pede, karena nilai rapot gue yang bisa dibilang bagus *gk soombong yaaa… hhahaha. Lalu gue mengikuti PTAIN (seleksi undangan tapi khusus perguruan tinggi islam). Dan gue memlilih Universitas Islam Negri (UIN) jakarta dengan jurusan biologi dan kesehatan masyarakat. Dan UIN bandung dengan jurusan biologi dan pend.biologi. Terus gue mengikuti Sbmptn (seleksi uji tulis). Gue memilih IPB dengan jurusan Gizi dan UI dengan jurusan Biologi. Lagi dan lagi pilihan gue gk jauh jauh dari itu.. gue juga mengikuti tes sipenmaru Poltekkes Jakarta 2 dengan pilihan Gizi dan Kesehatan lingkungan. Dan sebelum gue mendaftar di poltekkes gue mendaftar juga di AKBID budi kemuliaan.  Oya satu lagi!! Gue juga ikut tes STAN..
Gue yakin setelah kalian ngeliat daftar yg gue ikutin itu, pasti kalian mikir “ini orang pede dan nafsu banget” hahaha karena gue juga mikir kayak gitu. Pengumuman snmptn  pun di umumkan. Sebelum pengumuman gue mimpi kalo gue lolos di UI jurusan Biologi. Dan lu tau apa ? buat buka situs itu aja deg degan bangeetttttttttt… mana situsnya pake suka error gara gara servernya penuh. Gue sebenernya takut banget pas mau buka situs snmptn itu. Udah kayak mau di tembak mati. Akhirnya gue ngeberaniin diri buat buka. Dan tulisan merah itu muncul, tulisan merah yg berarti tandanya gue gk lolos seleksi undangan (snmptn) itu. Gemeteran, sedih, mau nangis, tapi gue tahan.. dan disitu gue liat juga raut wajah orang tua gue yg sedih. Gue semakin sedih, karena sebelum pegumuman itu Ayah gue sampe bilang bakalan Nazar puasa 3 hari kalo gue lolos. Entah kenapa pas denger perkataan Ayah gue itu, gue sedih. Setalah pengumuman itu gue berusaha tegar *asiikk wkwkw dan berusaha kuat. Karena di hati gue selalu gue tanem bahwa “ALLAH pasti merencanakan rencana yang indah nantinya”. Bagi semua pembaca blog gue, gue kasih saran lu harus tanemin itu kalimat di dalam hati lu.
Beberapa hari kemudian, waktunya pengumuman PTAIN. Gue berharap banget lolos. Dan pas gue buka pengumumannya *jeng jeng jeng hahaha… gue enggak lolos lagi di PTAIN. Nyesek plus sedih lagi. Sampe akhirnya gue berusaha di Sbmptn, gue mengikuti uji tulis itu. Menurut gue soalnya ada yg lumayan mudah dan ada juga yg SUSAH BANGET. Gue laluin hari itu dengan semampu gue.. Dan gk lama tes Sbmptn, gue mengikuti tes uji tulis Sipenmaru Poltekkes Jkt 2. Soalnya seperti soal soal UN. Dan di tes itu gk ada sistem minus, jadi yg gk gue tau gue isi juga.. siapa tau bener, ye gk ? hahaha.
Pengumuman Poltekkes pun akhirnya keluar, gue mengaharapkan banget banget disitu. Karena itu juga negri dan orang tua gue pengen gue masuk situ. Sampe akhirnya gue buka itu pengumuman dan keluar nama gue tapi dengan status kelulusannya “belum diputuskan”. Lu tau apa pas rasanya baca itu ??? rasanya tuh bingung, cemas. Kenapa gue bingung ?? kalimat “belum diputuskan” itu udah kayak PHP. Sebenernya lulus apa enggak. Sampe akhirnya gue ke Poltekkesnya langsung bersama orang tua gue dan nenek gue. Tapi tetep aja pas gue disana gk ada nama gue sama sekali. Gue bingung lulus apa enggak. Kata Ayah gue mungkin emang belum rezekinya. Gue sediiiiiihhhh bangettt, sampe nangis. Dan udahannya gue ngedrop sampe sakit. Dan sampe akhirnya, datang juga pengumuman STAN. Oya gue lupa gimana keadaan pas tes stan. Soalnya itu lebih ke tpa yg ribet dan inggris. Dan tesnya itu di GBK tanpa meja, jadinya pegel hahaha. Pengumuman STAN pun akhirnya di umumkan, dan gue gk lolos lagi. Tapi untuk yg STAN kali ini entah kenapa gue gk begitu sedih. Gue selalu berusaha dan optimis, walaupun akhirnya dari setiap pengumuman gue sedih.
Cuss~ kita lanjut pengumuman Sbmptn, sebelum pengumuman sbmptn gue ikut tes Akbid Budi Kemuliaan. Tesnya itu psikotest dan wawancara. Pas wawancara gue berusaha percaya diri dan selalu senyum. Tips gue, wawancara itu harus pede dan senyum. Dan harus konsisten sama jawaban lu. Satu lagi!! Jangan terlalu lama mikir. Sebelum wawancara lu harus pahamin dulu tentang jurusan yg lu pilih itu. Dan pertanyaan pasti sekitar itu. Ok, tes Akbid selesai. Lanjut pengumuman Sbmptn, pas pengumumannya, lagi dan lagi gue gk lolos. Dan sebelum pengumuman, Ayah gue mimpi sama seperti gue mimpi yg snmptn. Ayah gue mimpi, kalo gue lolos di UI jurusan biologi. Tapi gue gk lolos, sedihh?? Pastinyaaaaa… gue ngeliat raut wajah orang tua gue yang sedih tapi gk mau nunjukkin. Sedih ngeliatnya.. Ngecewain orang tua rasanya..
Akhirnya, gue daftar di UMB (Universita Mercu Buana) dengan fakultas ekonomi, jurusan Manajemen. Nahloh ??? kok jauh yaaa dari minat gue hahaha di umb enggak ada jurusan kesehatan. Tapi gue tetep milih tuh jurusan, sebelumnya umb pernah ngadain try out di sekolah gue. Dan gue lolos, dan gue gk perlu tes uji tulis lagi untuk masuk umb. Setelah berunding dengan orang tua gue, akhirnya gue membulatkan tekad dan hati gue untuk kuliah di umb jurusan manajemen.
Oya ngomong ngomong soal Akbid Budi Kemuliaan itu, gue lolos loh!!!! Alhamdulillah, tapii gue enggak ambil. Karena ada beberapa alesan kenapa gue gk jadi ambil akbid itu. Salah satu alesannya adalah jauh.. Kalo bolak balik, gue gk kuat. Jauh banget, udah gitu kuliahnya full dari senin-sabtu dan pulangnya jam 5. Pasti pas baca ini, kalian mikir kenapa gk ngekost?? Heeemmm yg jelas biaya hidup gue disana kalo gue ngekost itu berat. Gue masih punya ade, yg masih butuh biaya juga buat sekolahnya..

Jadiiii, gue kuliah di UMB. Tempat kuliah dimana  dulu Ayah gue juga pernah ngelanjutin pendidikannya disitu. Mungkin kalian mikir, gue ini aneh karena jurusan yg gue minatin itu kesehatan sama sains. Tapi gue malah milih manajemen. Gue enggak benci sama jurusan manajemen, bisa di bilang biasa aja. Tapi yg jelas kalo kalian ngejalaninnya dengan suka. Pada akhirnya kalian bakalan suka juga sama jurusan itu, kan pas masuk kuliah itu juga kita semua belajar dari awal. Dan kalo kalian bersungguh sungguh pasti bisa kok J. Dan ini pasti udah di rencanain sama Allah. Yakin, Allah selalu punya rencana indah. Asalakan kita mau berusaha, pantang menyerah, semangat, optimis. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa, serahkan aja sama Allah.

Oya kenapa gue banyak gk lolosnya ? gue juga enggak tau. Mungkin emang rezekinya bukan disitu. Pokoknya kalo kalian ada yg gk lolos, jangan bersedih. BANGKIT GUYSS!!!
Masih ada jalan kok J jangan pernah putus asa. YOU CAN’T HAVE A BETTER TOMORROW IF YOU DON’T STOP THINKING ABOUT YESTERDAY. KEEP MOVING FORWARD!!! DO WHAT YOU CAN!!!

Kalo kalian baca ini, mohon tinggalkan sepatah dua kata yaaa di kolom komentar ^^ kritik dan saran diperlukan J  thank you guys!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar